Pengertian Dan Fungsi Ram

Para pengguna smartphone mungkin sudah tidak asing lagi mendengar kata RAM. Sering kita jumpai pada saat kita mau membeli handphone . Kita suka mengecek berapa kapasitas Ram yang tersedia pada smartphone itu. Lalu apa itu Ram dan fungsinya?


Bentuk Fisik Ram

Pengertian Ram


RAM (Random Access Memory) adalah perangkat dalam sebuah komputer atau Smartphone yang dapat mengakses memori secara acak dengan cepat. Terkadang RAM juga disebut sebagai memori utama dalam sebuah perangkat.
Tugas Ram disini sebagai ruang penyimpanan berjalan secara otomatis.


Fungsi Ram


RAM berfungsi untuk menangani atau menjalankan beragam jenis perintah (multitasking) aplikasi yang sedang dijalankan. Semakin besar kapasitas RAM maka semakin banyak data yang dapat disimpan dan semakin banyak pula proses multitasking yang berjalan serta semakin cepat dalam menjalankan fitur atau sistem tertentu. Beda halnya dengan komputer, RAM pada smartphone tidak dapat diperbesar, ditambah atau diganti.


Proses Kerja Ram


Penggunaan Ram pada smartphone bisa kita lihat pada saat kita sedang menggunakan aplikasi seperti Jejaring sosial atau Game dengan masuk pada menu Setting lalu ke Aplikasi dan pilih Aplikasi yang berjalan, maka proses kerja Ram akan kita ketahui, semakin banyak aplikasi yang di gunakan Ram akan semakin berkurang.


Mungkin itu saja pengertian Ram beserta pungsinya yang saya jelaskan.