Cara Memperbaiki Memori HP Tidak Terbaca



Keruksakan pada Memori Micro SD tidak terbaca pada Handphone  biasanya disebabkan beberapa penyebab, kerusakan kartu memory secara fisik sangat jarang terjadi, kecuali dia terlipat, terpapar panas bersuhu tinggi, atau terbentur dengan sangat keras sampai terlepas dari pelindungnya. Nah, perkirakan saja keadaan seperti apa yang memungkinkan HP atau kartu memory anda mengalami hal seperti itu, jarang banget terjadi kan? Itu sebabnya hampir semua produsen kartu memory berani memberi garansi seumur hidup.

Baca Juga Rahasia Membaca Pesan WhatsApp Tanpa Di Ketahui Si Pengirim

Biasanya yang sering terjadi adalah kerusakan data yang ada di dalamnya. Data yang dimaksud di sini bukan hanya data berupa file foto, video, atau file musik, tetapi juga sistem format penyimpanannya. Kalau kerusakannya seperti ini, masih ada harapan untuk menyelamatkan sebagian atau semua file di dalamnya, meski tidak bisa 100%.


Cara pertama

Keluarkan kartu memory dari hp. Pastika anda sudah mematikan HP lebih dulu
Bersihkan lempengan tembaga (berwarna kuning keemasan pada Micro SD) dengan penghapus pensil (yang warna putih). Gosok pelan-pelan saja sampai bersih. Sekarang coba memasukkan lagi ke dalam slot memory di HP dan periksa apakah sudah terdeteksi dan dibaca lagi data di dalamnya.


Cara kedua

Dalam keadaan HP menyala, masuk ke pilihan "Options> Memory> Total Space> Repair".
Kalau anda memakai Android pilihannya agak terbatas, masuk ke �Setting> Storage> Erase SD Card�. Ini akan membuat kartu memory anda bersih seperti baru. Terkadang bisa memperbaiki kerusakan. Asal bukan kerusakan fisik yang parah.


Cara ketiga

Hubungkan HP ke laptop atau PC dengan kabel data, pastikan HP anda terhubung dalam mass storage mode, bukan media transfer mode melalui Windows Explorer, klik kanan pada drive kartu memory HP kita, pilih Properties, kemudian Tools, Error Checking, tunggu sampai selesai. Nanti ada pilihan centang saja semua pilihannya. Eject drive tadi, cabut kabel datanya.


Cara keempat

Jika pada langkah pertama sampai ke tiga belum terbaca juga, silahkan mencoba cara dibawah ini. Jika di laptop terbaca dan terlihat baik-baik saja tetapi tetap tidak terbaca di HP, lanjutkan dengan langkah berikut
Buat folder baru di hard disk, beri nama sembarang asal anda ingat kalau folder baru ini akan menjadi tempat penyimpanan sementara alias backup isi kartu memory yang rusak tadi
Copy seluruh isi kartu memory ke folder yang anda buat.

Setelah Semua Isi Di Dalam Memori Dibackup Sekarang Format kartu memory tadi Caranya

Arahkan kursor mouse pada drive kartu memory
klik kanan pilih format
Beri tanda centang pada pilihan FAT16
klik Start dan tunggu sampai selesai baru tekan Close.
kembalikan file yang di backup di folder yang anda buat tadi ke Kartu memori

Setelah langkah terakhir anda terapkan, coba pasang kembali apakah Kartu Memori Micro SD masih tetap bermasalah atau tidak.