Kelebihan Dan Kekurangan Setelah Root Android

Pengertian Root
Root berasal dari bahasa inggris yang berarti akar. Secara terminologi root android merupakan kekuasaan akar sistem operasi android. Dimana root bisa mengutak atik file sub sitem di dalam android, dengan memperoleh hak akses tersebut pengguna android bisa leluasa meningkatkan performa kinerja smartphone.



Pungsi Root 
Setelah melakukan root anda bisa mengutak atik file path dan sistem didalam android. Sehingga pengguna android bisa melakukan hal-hal yang tidak bisa dilakukan terhadap ponsel yang belum di root contohnya mengganti custom room, blokir iklan, menghapus aplikasi bawaan pabrik, melakukan partisi Sd Card dan lain-lain yang membutuhkan akses root

Kelebihan dan kekurangan Root 
Seperti yang telah dijelaskan di atas, kita bisa mengutak atik sistem android. Tentunya semua ini mempunyai dampak dan resiko terhadap kerusakan ponsel. Jadi sebelum melakukan root anda harus tahu kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Root

Full kustomisasi dengan melakukan root android kita bisa mengubah tampilan launcher mengubah font pada android, menukar firm ware ponsel lain ke ponsel kita sering disebut custom room. Jadi kita bisa memiliki tampilan rasa samsung di kesing ponsel advan kita misalnya.

Hapus Aplikasi pabrik, bisa menghapus aplikasi bawaan dari pabrik sehingga meningkatkan kinerja ram pada android kita.

Partisi sd card, bisa menyimpan dan memindahkan data aplikasi ke penyimpanan memori exsternal atau SD Card.

Memblokir iklan, pengguna android bisa memblokir iklan pada aplikasi yang banyak keluar iklan yang menggangu.

Kekurangan Root

Hilangnya garansi, dengan melakukan rot, secara otomatis garansi akan hilang, namu bisa disiasati dengan caa melakukan unroot tapi cara unroot tidak bisa memastikan garansi kembali.

Rentan terkena malware ketika ponsel dalam keadaan rooted, secara otomatis pintu keamanan ponsel juga ikut terbobol. hasilnya, ponsel yang diroot juga sangat rawan terserang Malware atau virus.

Hilangnya update selain kehilangan garansi ponsel, Root android juga dapat merugikan karena akan menghilangkan update OTA (Over The Air) ketika ada pembaruan versi sitem operasi. Sehingga Anda harus melakukannya secara manual.

Kegagalan Root, meski cara root saat ini sangat mudah karena hanya berbekal aplikasi saja, namun beberapa seri menyarankan langkah yang cukup rumit dengan menggunakan PC dan file update. Resiko kegagalan root tetap ada sehingga Anda harus berhati hati.

Demikian kekurangan Root dan Kelebihannya silahkan diperhatikan sebelum anda melakukan Root pada ponsel android anda.